Monday, 17 November 2014

AKAR yang Wangi


Daryanto


Kepek Semin,Mungkin belum banyak yang menganal tanaman yang satu ini. Rumput akar wangi, jenis rumput penghasil aroma wangi dari minyak atsiri ini yang dihasilkan pada bagian akar ini kini tengah naik pamor di Padukuhan Kepek, Desa Semin, Kecamatan Semin.

Daryanto salah satu warga Kepek Rt 2 Rw 15, pengrajin sekaligus petani akar wangi ini telah mampu mengharumkan Semin dengan memanfaatkan rumput ini menjadi sebuah kerajinan yang cantik. Selain dijadikan kerajinan, akar wangi juga bisa digunakan bahan aroma terapi, jamu dan tenun.

"Sudah 30 tahun saya tekuni aktivitas sebagai pengrajin akar wangi, hingga sekarang hasil kerajinan itu sudah menembus berbagai kota besar seperti, Medan, Jakarta, Jawa Timur, Bali dan kota di luar Jawa,” katanya, Minggu(16/11/2014).

Dengan dibantu 15 pekerja, ia mampu menghasilkan ratusan kerajinan yang rata-rata dijual dengan harga Rp 10 ribu /biji.

Daryanto berharap, kedepan Pemkab Gunungkidul lebih intens dalam memberi pelatihan kepada masyarakai di sentral kerajinan ini. Tujuannya supaya usaha akar wangi ini dapat berkembang dan mengangkat Semin lewat produk kerajinannya.

“Selain itu juga membantu persediaan air yang punya peran penting untuk proses membuat kerajinan ini,” ujarnya.
Persediaan air telah dibantu dengan adanya Pamdus Kepek.
Namun Daryanto bukan satu-satunya pengrajin Akar Wangi. Hampir seluruh warga memanfaatkan kerajinan ini untuk mata pencaharian mereka.
Bersambung ....
                                                       Gambar Pak Wakimin


                                                            Mbah Pat Rohman




Sumber : Sorotgunungkidul.com
Post a Comment