Wednesday, 5 November 2014

Obsessive Corbuzier's Diet (OCD)


Sudah pernah mendengar istilah OCD?
Obsessive Corbuzier's Diet (OCD) merupakan salah satu cara untuk melakukan penurunan berat badan. OCD dikenalkan oleh mentalist ternama Indonesia, Deddy Corbuzier. Diet ini memakai metode puasa tapi masih diizinkan untuk minum air putih selama puasa.

Puasa memang inti dari OCD. Tapi puasa OCD berbeda dengan puasa Senin-Kamis atau puasa Ramadan yang dijalani umat Islam. Lama puasa OCD bisa sampai 24 jam dan selama puasa boleh minum air putih, air teh, atau minuman lain yang tidak berkalori. Saat berbuka atau istilah Deddy "jendela makan", pelaku OCD boleh melahap apa saja dan makan beberapa kali asalkan tidak menjadi rakus.

Puasa dalam jangka waktu yang lama itu didasarkan pada hasil riset yang Deddy dapat di berbagai situs kesehatan. Sejumlah riset menyatakan puasa lebih dari 14 jam akan memicu produksi hormon pertumbuhan atau human growth hormone (HGH) lebih tinggi. HGH berfungsi mempercepat pembangunan otot dan pembakaran lemak; meningkatkan libido serta hal positif lainnya. "Puasa itu kan bagus. Semua agama buktinya menerapkan karena memang secara alamiah ini baik untuk tubuh," kata Deddy.

Freddy Wilmana, Ketua Komisi Terapi dan Obat-obatan Indonesia, mengatakan diet yang dipopulerkan Deddy ini dikenal di dunia medis dengan istilah intermittent ­fasting. "Diet ini sudah lama ada dan berkembang di Amerika Serikat. Cuma dari mana asalnya memang kurang diketahui. Mungkin saja benar dari para biksu dulu," ucap Freddy, yang spesialis farmakologi klinis di Rumah Sakit Pondok Indah.

OCD atau intermittent fasting, kata dia, lebih aman bagi tubuh karena, selama puasa, pelaku diet dibolehkan minum air. Ia menjelaskan, pola diet ini sebenarnya memang bertujuan membakar lemak yang optimal sehingga lebih cocok diterapkan oleh mereka yang kadar lemak di tubuhnya lebih dari 20 persen.

Pembakaran di dalam tubuh, menurut Freddy, pertama-tama adalah membakar gula dari makanan yang diasup selama enam-delapan jam. Jika gula sudah habis, tubuh akan beralih membakar lemak. "Tidak perlu khawatir tubuh akan mengambil protein dari otot karena sistematisnya lemak dulu yang dibakar," ujar Freddy, yang mengaku memakai pola diet ini untuk mengontrol lemak tubuhnya.

Adapun spesialis gizi klinik dari Siloam Hospitals, Samuel Oetoro, menyebut diet ala Deddy hanya cocok untuk orang-orang tertentu. "Untuk yang kegemukan atau obesitas, ini memang cocok. Tapi kalau lemak tubuhnya sudah rendah lalu diet dengan puasa jangka panjang ini harus hati-hati."

Ia menjelaskan, diet OCD perlu diwaspadai bagi orang yang kemampuan adaptasi tubuhnya lemah. Menurut Samuel, salah satu dampak berpuasa dengan rentang waktu 20-24 jam adalah memicu risiko terjadinya pemecahan lemak secara berlebihan atau ketosis. Kondisi ini bisa menyebabkan pelaku diet pingsan karena terlalu lemas. Selain itu, mengakibatkan pelaku kurang berkonsentrasi dalam aktivitasnya.

Beriku adalah Latihan Fisik yang dilakukan selama 7 menit. Setiap 1 gerakan dilakukan selama 30 detik


1. Jumping jack
Gerakan loncat-loncat dengan posisi awal kaki rapat, lalu melebar dan merapat lagi. Saat kaki melebar, telapak tangan ditepukkan di atas kepala dan saat kaki merapat tangan turun ke pinggang.
2. Wall sit
Dengan bersandar pada tembok, buat posisi duduk tanpa menggunakan kursi. Tahan berat badan dengan punggung yang menekan tembok sebagai tumpuan.
3. Push up
Dari posisi telungkup, dorong lengan untuk mengangkat badan bagian atas dengan kaki sebagai tumpuan.
4. Abdominal crunch
Diawali dengan posisi berbaring seperti mau sit up, angkat kepala mendekati lutut. Tidak perlu terangkat semuanya, pastikan saja otot perut benar-benar mengencang saat mengangkat kepala dan bahu.
5. Step-up
Gerakan ini membutuhkan kursi, semakin tinggi akan semakin menantang. Dari posisi awal di bawah, langkahnya salah satu kaki ke atas kursi, angkat badan dan bawa kaki yang satunya ke atas kursi. Turun kembali, lalu ulangi.
6. Squat
Dimulai dengan posisi berdiri, lalu jongkok dan berdiri lagi. Bisa divariasikan dengan gerakan tangan.
7. Triceps-dip
Lagi-lagi, gerakan ini membutuhkan kursi sebagai tumpuan. Sambil berdiri, poisisikan kursi di belakang dan pegang dengan kedua tangan untuk bersandar. Perlahan, turunkan badan hingga lengan menekuk, lalu dorong lagi ke atas.
8. Plank
Luruskan badan menghadap ke bawah, dengan tubuh bagian atas ditahan oleh siku. Pertahankan posisi ini tetap stabil selama mungkin.
9. High knee running in place
Gerakan ini adalah lari di tempat, dengan variasi kaki diangkat tinggi-tinggi hingga paha membentuk sudut 90 derajat.
10. Lunge
Dari posisi berdiri, langkahkan kaki sejauh mungkin ke arah depan, lalu tekuk lutut yang berada di belakang sehingga badan ikut turun. Kembali ke posisi semula, ulangi dengan kaki yang lain.

11. Push up and rotation
Dimulai dengan posisi push up, angkat salah satu tangan ke atas setelah mendorong tubuh dari posisi telungkup.
12. Side plank

Serupa dengan plank, kali ini dengan hanya bertumpu pada satu tangan dan posisi badan miring ke satu sisi.
ini adalah beberapa bukti mereka yang sudah melaksanakan diet ini





untuk lebih detailnya silahkan perhatikan video dari instruktur ini. download di Sini





atau untuk yang lebih menarik kamu bisa lihat di sini 








Selamat mencoba. semoga sukses..
Post a Comment